Wajib Dihindari, Berikut Pantangan Penderita Sakit Ginjal Yang Harus Diketahui

Seperti halnya gangguan pada organ tubuh lainnya, orang yang menderita penyakit ginjal juga memiliki pantangan yang harus dihindari. Dimana, hal tersebut diperlukan untuk menjaga kerja organ ginjal, sehingga tidak memperburuk kondisinya. Apalagi penderita yang mudah kumat gejala sakit ginjal.
 
Oleh karena, itu selain memberikan resep dan menyarankan mengatur pola hidup sehat, dokter juga memberikan larangan yang harus ditaati. Yuk simak beberapa pantangan penderita sakit ginjal berikut ini.
 

Pantangan Yang Harus Dihindari Oleh Penderita Sakit Ginjal

 

1. Penggunaan Obat Pereda Sakit Yang Berlebihan

Bagi penderita sakit ginjal, tentunya sudah tidak asing dengan berbagai obat pereda sakit. Namun, perlu diketahui bahwa konsumsi analgesic yang terlalu berlebihan bisa membuat kondisi ginjal semakin buruk. Jenis obat pereda sakit seperti NSAID memang bisa mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan, padahal obat tersebutlah yang bisa memperburuk ginjal.
 
Selain jenis obat tersebut, konsumsi analgesik dari golongan ibuprofen secara berlebihan juga mampu menurunkan fungsi kerja ginjal. Disamping itu, juga akan menyebabkan berkurangnya aliran darah ke organ uropoetica tersebut. Jika konsumsi obat ini dilakukan dalam waktu lama, maka potensi terjadinya gagal ginjal kronis akan semakin meningkat. Apabila menggunakan obat ini, ada baiknya mengikuti resep yang diberikan oleh dokter.
 

2. Konsumsi Garam Yang Terlalu Berlebihan

Seperti yang telah banyak diketahui, bahwa ginjal merupakan organ yang berperan penting dalam proses pembentukan urin. Karena pekerjaan tersebut, maka ginjal membutuhkan keseimbangan natrium dan kalium. Sehingga, bisa membantu menarik air untuk melintasi dinding aliran darah menuju ke saluran pengumpul di ginjal. Maka dari itu, agar fungsi ginjal sebagai organ uropoetica bisa bekerja dengan baik, seharusnya anda mengurangi konsumsi garam.
 
Karena apabila mengkonsumsi makanan dengan garam tinggi,bisa menyebabkan keseimbangan tersebut rusak, sehingga fungsi kerja ginjal menurun. Kondisi inilah yang menjadikan diet tinggi garam menjadi pantangan penderita sakit ginjal yang harus dihindari. Bukan membuat tubuh membaik, diet tersebut justru memperburuk fungsi ginjal semakin memburuk, bahkan bisa berpotensi meningkatkan komplikasi.
 

3. Konsumsi Makanan Olahan

Bagi seorang pasien yang menderita penyakit ginjal, seharusnya menahan diri agar tidak mengkonsumsi makanan olahan. Hal tersebut dikarenakan, dalam makanan tersebut biasanya mengandung banyak fosfor dan sodium. Jika dipaksakan untuk mengkonsumsi makanan ini, maka akan menyebabkan kandungan fosfor di dalam darah menjadi berlebihan.
 
Karena penumpukan fosfor tersebut akan mengakibatkan tulang melemah, serta membuat pembuluh darah menjadi kaku. Itulah alasan yang mendasari penderita sakit ginjal dilarang untuk mengkonsumsi makanan olahan. Beberapa jenis kudapan olahan yang dilarang, diantaranya adalah susu dan produk olahannya, susu kedelai, produk olahan gandum, daging olahan, kacang-kacangan, minuman bersoda, serta makanan dan minuman cokelat.
 

4. Tidak Terlalu Banyak Minum

Untuk menjaga kesehatan ginjal memang dianjurkan untuk mengkonsumsi banyak air minum. Namun, kondisi tersebut hanya berlaku pada orang yang memiliki kondisi ginjal sehat. Bagi pasien, hal tersebut menjadi pantangan penderita sakit ginjal yang harus dihindari. karena, kondisi ginjal yang sakit tidak mampu lagi menyaring cairan dengan baik.
 

5. Kurang Tidur

Kebiasaan buruk tersebut tidak hanya berdampak pada kesehatan tubuh secara umum, namun ternyata kurang tidur juga bisa menurunkan fungsi kerja organ ginjal. Pasalnya, kerja ginjal diatur oleh siklus tidur dan bangun pemiliknya. Dimana, hal tersebut lah yang mengendalikan beban kerja ginjal yang terjadi lebih dari 24 jam. Maka dari itu, jika seseorang tidak mendapat jam tidur yang cukup, akan penurunan fungsi ginjal terjadi lebih cepat.
 
Semakin sedikit waktu untuk istirahat maka ginjal akan bekerja terlalu keras pula, sehingga apabila dibiarkan tentunya akan memperburuk kondisi yang sebelumnya. Hal inilah yang mendasari alasan kurang tidur menjadi pantangan penderita sakit ginjal yang harus dihindari, agar penurunan fungsi kerja ginjal tidak terjadi dengan cepat. Jadi, agar menjaga kesehatan ginjal, usahakan untuk tidak sering begadang.
 
Ketika kondisi ginjal sudah rusak, maka hal yang harus dilakukan adalah dengan tetap menjaganya agar kerusakan yang terjadi tidak bertambah parah. Oleh karena itu, bagi penderita sakit ginjal, seharusnya menghindari beberapa pantangan tersebut. Selain itu, anda juga perlu menerapkan pola hidup sehat, dengan konsumsi makanan bergizi dan berolahraga cukup.

Belum ada Komentar untuk "Wajib Dihindari, Berikut Pantangan Penderita Sakit Ginjal Yang Harus Diketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel