SehatQ.com Merangkum 8 Kelainan Mata yang Banyak Dialami

SehatQ.com-Merangkum-8-Kelainan-Mata-yang-Banyak-Dialami-

Mata normal pasti menjadi dambaan setiap orang, namun tidak semua orang memilikinya. Kelainan mata yang terjadi bisa sembuh tersendiri, tetapi sebagian kelainan yang lain perlu pemeriksaan dan pengobatan dari dokter mata terpercaya. Fungsi mata yang kembali normal maka bisa berpengaruh pada produktivitas harian Anda. Pada tulisan kali ini Anda akan kami ajak untuk mengenal kelainan mata yang dirangkum oleh www.sehatq.com
 

Kelainan Mata yang Banyak Dialami 

Berikut adalah kelainan mata yang sering terjadi secara umum! 
 

1. Rabun jauh 

Anak-anak yang suka membaca terlalu dekat, menonton televisi atau kecanduan game online atau mengalami riwayat secara genetik bisa mengalami rabun jauh atau ketidakmampuan melihat benda jarak jauh secara jelas. Pengobatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi rabun jarak jauh adalah menggunakan kacamata, lensa kontak dan operasi laser mata atau Lasik. 
 

2. Rabun dekat 

Berbeda dengan rabun jauh, maka orang yang mengalami rabun dekat tidak bisa melihat benda jarak dekat secara jelas. Umumnya orang yang berusia lanjut sering mengalami rabun dekat dan bisa terbantu dengan kacamata, lensa kontak atau memilih operasi laser mata. Pastikan tindakan medis lasik dilakukan oleh dokter yang kredibel, ya! 
 

3. Rabun senja 

Selain rabun jauh dan rabun dekat, kelainan mata yang umum terjadi adalah rabun senja. Kelainan tidak bisa melihat benda saat matahari terbenam, tempat yang gelap atau pencahayaan yang kurang baik biasa dialami secara genetik atau sejak lahir. Tidak ada penyembuhan rabun senja tetapi dokter bisa mengatasi beberapa penyebab rabun senja, misalnya kekurangan vitamin A, rabun dekat dan katarak. 
 

4. Astigmatisme 

Beberapa orang yang mengalami kelainan kelengkungan kornea atau lensa tidak sempurna bisa membuat perubahan jatuhnya cahaya pada retina. Umumnya orang yang menderita Astigmatisme akan mengeluhkan pandangan yang menjadi samar atau tidak jelas. Pandangan pada benda menjadi berbayang akibat kelainan yang disebabkan oleh faktor genetik. 
 

5. Buta warna 

Kelainan mata yang tidak bisa disembuhkan bisa dialami oleh siapa saja atau akibat faktor genetik. Orang yang menderita buta warna atau ketidakmampuan melihat warna tertentu bisa terjadi sejak lahir. Namun, ada pula orang yang menderita buta warna karena kesalahan konsumsi jenis obat-obatan tertentu saat usia dewasa. 
 

6. Glaukoma 

Pada orang-orang yang memiliki riwayat penyakit tertentu seperti hipertensi, sumbatan di saluran air mata dan konsumsi jenis obat tertentu mengalami gangguan pada saraf penglihatan. Gangguan terjadi akibat tekanan pada bola mata sehingga menimbulkan masalah serius. 
 

7. Konjungtivitis 

Kelainan mata terjadi karena peradangan pada konjungtiva atau selaput tipis yang melapisi bola mata serta kelopak mata yang terdalam akibat lingkungan sekitar. Penyebab masalah konjungtivitis bisa karena paparan asap rokok, debu dan penggunaan kosmetik. 
 
Selain itu, penyakit kelainan bisa disebabkan karena terpapar bakteri, alergi atau virus. Pastikan Anda selalu menerapkan gaya hidup sehat dan rajin mencuci tangan sebelum menyentuh area mata, ya! 
 

8. Katarak 

Operasi katarak menjadi solusi akhir untuk mengatasi kelainan mata karena penumpukan protein di lensa mata. Pandangan menjadi samar dan tidak jelas pada orang yang alami katarak. Umumnya, penderita katarak adalah orang yang telah berusia lanjut atau menderita penyakit tertentu dan kelainan sejak lahir. 
 
Agar bisa melakukan kegiatan positif dengan fungsi mata yang normal, sebaiknya Anda rutin melakukan pemeriksaan mata minimal 6 bulan sekali. Bagi orangtua yang punya anak, periksakan kesehatan mata anak sejak usia balita. Jika mengalami keluhan yang mengarah pada penyakit kelainan mata, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter. 
 
Manfaatkan layanan konsultasi dokter gratis di www.sehatq.com, ya! Anda bisa bertanya banyak hal termasuk meminta saran dan arahan lebih lanjut terkait keluhan mata yang dialami. SehatQ.com bekerja sama dengan klinik serta rumah sakit di berbagai kota yang siap menjadi rujukan untuk tindakan medis yang diperlukan. Pengobatan mata yang dilakukan oleh tenaga ahli bisa menyelamatkan masa depan Anda, bukan?

Belum ada Komentar untuk "SehatQ.com Merangkum 8 Kelainan Mata yang Banyak Dialami "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel