Tips dan Trik Membuat Toko Kelontong Jadi Lebih Modern


Bisnis toko kelontong hingga saat ini masih menjadi pilihan banyak orang ketika ingin membuka peluang bisnis baru. Tidak heran jika bisnis ini semakin menjamur di tengah sengitnya persaingan waralaba. Namun, di tengah pesatnya teknologi yang berkembang, toko-toko kelontong tradisional sedikit demi sedikit mulai tersisih dengan toko kelontong modern

Jika pemilik toko tidak melihat ini sebagai suatu permasalahan serius, bukan tidak mungkin jika bencana gulung tikar akan menimpa toko-toko yang tetap stagnan dan tidak mau berevolusi secara modern. Lalu, apa yang harus dilakukan untuk membuat toko kelontong menjadi lebih modern? Berikut merupakan beberapa caranya, simak yuk! 
  1. Gunakan rak yang lebih besar. Penggunaan rak yang lebih besar akan membantu Anda memasok barang lebih banyak dan akan terlihat jauh lebih rapi dibanding menggunakan rak yang sempit. Anda bisa menyusun barang secara vertikal maupun horizontal sesuai kebutuhan Anda. Gunakan pula rak terbuka agar memudahkan konsumen memilih sendiri barang yang diinginkan. Hal ini akan membuat konsumen merasa lebih tertarik dan nyaman ketika berbelanja di toko Anda. Perlu diingat, jangan menyusun produk dagangan dengan cara menggantungnya begitu saja. Hal itu akan membuat toko kelontong Anda terlihat berantakan. 
  2. Penerangan yang baik. Percaya atau tidak, penerangan yang cerah akan meningkatkan kepuasan konsumen ketika berbelanja di toko Anda. Walaupun di siang hari, bukan tidak mungkin di pojok-pojok toko Anda memiliki sisi yang tidak dapat dijangkau oleh cahaya. Jika toko Anda memiliki penerangan yang baik, tentu ini membantu konsumen mencari barang yang diinginkan serta akan membuat toko Anda lebih kelihatan bersih. 
  3. Susun barang sesuai jenis. Menyusun barang sesuai dengan jenisnya akan membuat konsumen menjadi lebih nyaman karena mereka merasa mudah untuk mencari barang-barang yang diinginkan. Bayangkan, jika produk dagangan tidak disusun berdasarkan kelompoknya, ini tentu tidak hanya menyulitkan konsumen namun juga akan menyulitkan Anda ketika menyusun dan mengecek barang yang sudah habis. Untuk itu, susun barang dagangan dengan rapi dan sesuai jenis. 
  4. Permainan grafis dan tata letak. Luas toko yang kecil tidak akan menjadi masalah jika Anda melakukan permainan tata letak grafis di toko kelontong. Hilangkan sekat yang ada di toko agar terlihat lebih luas dan lega. Jangan membuat toko terlihat seperti labirin karena hal itu akan menyulitkan konsumen untuk akses keluar masuk toko kelontong. Untuk mendapatkan inspirasi, Anda bisa berkunjung ke toko kelontong lain atau minimarket untuk melihat tata letak grafis mereka. 
Itulah beberapa tips dan trik yang bisa dicoba agar toko kelontong Anda berubah menjadi toko kelontong modern. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Belum ada Komentar untuk "Tips dan Trik Membuat Toko Kelontong Jadi Lebih Modern"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel