Hindari Gigi Berlubang Dengan Cara Memilih Pasta Gigi yang Benar


Salah satunya langkah menangani gigi berlubang paling simpel ialah menyikat dengan pasta gigi yang pas. Sayangnya, terdapat beberapa produk pasta gigi di market dengan beberapa brand, warna, serta rasa. 

Anda sekarang mungkin bingung pilih mana pasta gigi yang paling baik untuk gigi berlubang. Nah, berikut banyak hal yang butuh Anda lihat saat ingin beli pasta gigi untuk gigi berlubang. 

1. Pilih pasta gigi yang memiliki kandungan fluoride 

Pasta gigi memiliki kandungan banyak bahan aktif untuk menolong memperhatikan kesehatan mulut. Nah, salah satunya bahan penting yang perlu dicari saat pilih pasta gigi untuk gigi berlubang ialah fluoride. 

Beberapa riset sudah temukan jika fluoride efisien dalam menahan karies serta penimbunan plak pada gigi. Ini sebab fluoride menolong membuat perlindungan serta menguatkan susunan enamel gigi. Diluar itu, fluoride dapat menolong proses remineralisasi gigi yang telah mulai membusuk. Dengan demikian, pembusukan tidak makin kronis serta pembentukan lubang pada gigi juga bisa dijauhi. 

Anda tidak butuh sangsi untuk memakai pasta gigi yang memiliki kandungan fluoride. Pemakaian fluoride dalam pasta gigi telah dikatakan aman oleh Tubuh Kesehatan Dunia (WHO). Dokter gigi di penjuru dunia, tidak kecuali di Indonesia juga banyak memakai bahan ini untuk produk perawatan gigi. Serta, American Dental Association (ADA) menjelaskan jika semua pasta gigi yang diterima mereka harus memiliki kandungan fluoride. 

Terdapat beberapa bentuk fluoride yang sering ada pada cap paket pasta gigi. Tetapi, beberapa bentuk yang paling umum salah satunya natrium monofluorofosfat, natrium fluorida, serta stannous fluoride. 

2. Cek bahan aktif yang lain 

Tidak hanya fluoride, juga penting tahu beberapa bahan aktif lain yang terdapat di pasta gigi Anda. Berikut beberapa bahan aktif yang paling umum dalam pasta gigi untuk gigi berlubang. 
  • Agen abrasif. Senyawa ini bertindak untuk menolong hilangkan tersisa makanan, bakteri, serta noda dari gigi Anda. Contoh agen abrasif dalam produk pasta gigi ialah kalsium karbonat, gel silika dehidrasi, aluminium oksida terhidrasi, magnesium karbonat, garam fosfat serta silikat. 
  • Humektan. Bahan aktif yang berperan jaga struktur pasta gigi agar masih lembap serta tidak cepat kering. Beberapa bahan humektan dalam pasta gigi terbagi dalam gliserol, propilen glikol serta sorbitol. 
  • Pengental seperti mineral colloids, rumput laut colloids, atau synthetic cellulose. Bahan ini ditambah lagi ke adonan pasta gigi untuk bikin struktur yang ciri khas. 
  • Deterjen. Detergen dalam pasta gigi berperan untuk bikin busa waktu Anda menyikat gigi. Busa sendiri diperlukan untuk menolong merontokkan plak serta tersisa makanan yang melekat di permukaan dan antara gigi. Contoh deterjen dalam produk pasta gigi ialah natrium lauril sulfat, natrium N-lauril sarkosinat. 

Pasta gigi untuk gigi berlubang ada juga yang memiliki kandungan perasa bikinan dari ekstrak buah-buahan. Umumnya menambahkan perasa bikinan ini diutamakan untuk produk pasta gigi beberapa anak. Maksudnya pasti untuk menarik ketertarikan beberapa anak agar ingin lebih rajin menggosok gigi. Ekstrak buah-buahan yang seringkali ditambah lagi dalam produk pasta gigi anak ialah strobery, jeruk, nanas, apel, serta anggur. 

Demikian juga dengan produk pasta gigi untuk orang dewasa. Ada juga yang ditambah lagi perasa bikinan dari ekstrak minyak mendasar seperti peppermint, lemon, kayu manis, serta yang lain. Beberapa bahan penambahan itu efisien memberi sensasi beri kesegaran setelah menggosok gigi. 

Sayangnya, tidak kebanyakan orang pas memakai pasta gigi yang memiliki kandungan beberapa bahan herbal. Buat beberapa orang yang peka, menambahkan beberapa bahan herbal malah bisa mengakibatkan reaksi alergi atau iritasi di mulut. 

3. Jauhi pasta gigi yang memiliki kandungan zat iritan 

Saat sedang pilih pasta gigi, coba cek satu-persatu daftar formasi bahan aktif yang tercantum di bungkus semasing produk. 

Penting didapati jika beberapa beberapa bahan aktif dalam pasta gigi sudah diadukan jadi alergen atau zat iritan. Beberapa salah satunya misalnya: 
  • Asam sitrat (seringkali tercatat jadi seng atau kalium sitrat) 
  • Triclosan 
  • Natrium lauril sulfat 
  • Propilen glikol 
  • PEG-8, PEG-12, PEG-1450 
  • Cocamidopropyl betaine 
  • Parabens 
  • Pirofosfat 

Sinyal paling ciri khas jika Anda alami alergi pasta gigi ialah ada cedera atau sariawan di mulut. Entahlah itu di pipi, lidah, gusi, bibir, sampai langit-langit mulut. Bibir jadi berwarna kemerahan, gatal, serta berasa sakit. 

Itu penyebabnya tetap cek dengan cermat beberapa bahan yang terdapat di produk pasta gigi yang akan Anda beli. Yakinkan produk pasta gigi yang Anda pilih tidak memiliki kandungan beberapa bahan beresiko atau yang bisa menyebabkan reaksi alergi. 

4. Pilih produk yang bersegel organisasi terpenting 

Bila Anda ingin memakai pasta gigi untuk gigi berlubang, pilih produk yang punyai segel dari organisasi terpenting. Misalnya seperti American Dental Association (ADA) atau Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) 

Segel ini tunjukkan jika pasta gigi yang Anda pakai aman serta efisien membuat perlindungan gigi sekaligus juga hilangkan noda di gigi. 

Sebaiknya Anda pun konsultasi ke dokter gigi sebelum memakai produk pasta gigi untuk gigi berlubang. Jika diperlukan, dokter bisa memberi resep pasta gigi spesial yang umumnya tidak di jual dengan komersil di market.

Belum ada Komentar untuk "Hindari Gigi Berlubang Dengan Cara Memilih Pasta Gigi yang Benar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel