Waspadai Dampak Kutu Kucing Pada Manusia

Waspadai-Dampak-Kutu-Kucing-Pada-Manusia

Kutu kucing atau Ctenocephalides felis merupakan jenis hewan yang sering Anda temukan di rumah. Pasalnya, kutu hewan ini memang menyerang dan menghisap darah hewan vertebrata berdarah panas. Terkadang kutu lumayan sulit dihilangkan sebab mereka hidup di bulu kucing yang lebat. Tak hanya kucing saja, kutu anjing juga berisiko menularkan penyakit pada manusia. Meskipun kutu hewan tidak bisa hidup pada tubuh manusia, Anda harus waspada lho! 

Bahaya terkena gigitan kutu kucing dan anjing 

Kutu merupakan hewan parasit yang memiliki air liur bersifat alergen. Hal inilah yang membuat kulit manusia mengalami dermatitis alergi kutu.Tandanya Anda akan merasa gatal setelah kena air liur hewan parasit. Selain itu, kutu hewan baik kucing atau anjing menggigit manusia bisa menciptakan masalah kesehatan kulit lebih serius. Kulit akan mengalami benjolan-benjolan merah yang berukuran kecil. Benjolan merah akan dikelilingi lingkaran kecil yang mengelilingi pusat gigitan kutu hewan tersebut. 

Ada beberapa daerah atau bagian tubuh manusia yang menjadi favorit para kutu yaitu kaki atau pergelangan kaki. Selain itu, kutu kucing dan anjing juga menggigit area lain seperti ketiak, dada, pinggang, paha dan lipatan siku. Biasanya rasa gatal dan benjolan merah bisa menyebabkan masalah serius antara lain infeksi, nyeri dan rasa sakit. 

Pada kasus yang jarang terjadi, gigitan kutu anjing bisa menularkan infeksi cacing pita pada manusia. Manusia bisa saja menelan kutu anjing yang telah terinfeksi cacing Dipylidium caninum. Sangat mengerikan, bukan? Alangkah baiknya Anda segera melakukan pembasmian kutu hewan kesayangan agar tidak menularkan penyakit berbahaya ke seluruh anggota keluarga di rumah. 

Cara mengobati gigitan kutu kucing atau anjing 

Jika Anda mengalami gigitan kutu kucing atau anjing bisa menimbulkan masalah seperti benjolan kemerahan, gatal atau bentol. Jangan digaruk apabila terkena gigitan, tetapi basuh dengan air dan sabun anti bakteri. Sebaiknya segera obati bekas gigitan dengan krim atau obat gatal yang bisa Anda dapatkan di toko atau apotik terdekat. 

Namun, sebaiknya tidak sembarangan memilih obat jika Anda tidak yakin dengan keamanan atau efek samping penggunaan. Anda wajib segera berkonsultasi dengan dokter jika rasa gatal semakin parah. Biasanya dokter akan memberikan obat antihistamin untuk meredakan gatal tersebut. 

Bersihkan kutu kucing dan anjing serta lingkungan rumah 

Kutu kucing dan anjing gampang sekali menular atau menyebar ke seluruh penjuru rumah kalau tidak segera dibasmi. Sebaiknya Anda segera melakukan pembasmian dengan membersihkan tubuh inang lebih dahulu. Gunakan produk sampo atau pembasmi kutu khusus hewan yang banyak dijual di toko hewan peliharaan. Anda harus rutin dan telaten melakukan pembersihan agar kutu tidak kembali bersarang pada tubuh hewan kesayangan. Selalu bersihkan kandang atau benda yang sering digunakan hewan kesayangan. 

Selain membersihkan pada tubuh hewan peliharaan, Anda wajib membersihkan area rumah. Gunakan semprotan kutu untuk membersihkan parasit di tempat-tempat yang sering menjadi area favorit hewan kesayangan. Biasanya kutu akan menyebar dan bersembunyi di karpet berdebu, lipatan sofa, di kolong tempat tidur, perabotan, rak lemari dan lain-lain. 

Tak hanya di perabotan saja, Anda juga harus membersihkan kutu kucing dan anjing di kebun. Halaman rumah merupakan tempat yang mudah menjadi tempat penyebaran kutu hewan. Kebun kotor yang tidak terawat semakin mempermudah penyebaran kutu ke lingkungan rumah Anda. Sebaiknya rajin membersihkan kebun termasuk menyemprotkan pembasmi hama di sekitar pohon dan tumbuhan kebun Anda. Yuk, mulai rajin bersihkan hewan kesayangan Anda! 

Belum ada Komentar untuk "Waspadai Dampak Kutu Kucing Pada Manusia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel