Bagaimana Cara Mengobati Anafilaksis?

Bagaimana-Cara-Mengobati-Anafilaksis

Anafilaksis adalah suatu reaksi seperti alergi yang berbahaya hingga dapat menyebabkan hilangnya kesadaran atau bahkan kematian. Syok anafilaktik ini dapat terjadi dengan sangat cepat. Dalam hitungan detik sampai menit saja dari paparan agen alergi, maka tekanan darah pasien akan menurun secara tiba-tiba sehingga menyebabkan saluran udara terhambat sampai menyebabkan gangguan pernafasan. 

Anafilaksis ini cukup sering ditemukan, kondisi ini dapat terjadi pada anak-anak maupun orang dewasa. Gejala umum yang sering terjadi jika mengalami syok anafilaktik antara lain: 

● Kulit menjadi gatal-gatal, memerah, dan pucat 
● Kepala pusing hingga dapat menyebabkan pingsan 
● Kesemutan pada mulut, tangan, dan kaki 
● Pembengkakan di area tenggorokan 
● Mengalami kesulitan bernafas 
● Detak jantung menjadi cepat dan lemah 
● Mual, muntah sampai diare 
● Akan merasa bingung dan gelisah 
● Badan menjadi terasa hangat 
● Kulit bisa menjadi kebiruan akibat kekurangan oksigen, dan masih banyak lagi 

Jika kamu mengalami gejala-gejala tersebut sebaiknya segera periksakan ke dokter karena syok anafilaktik dapat terjadi dalam hitungan menit bahkan detik, jika tidak segera mendapatkan pertolongan medis akan sangat berbahaya bagi penderitanya. Syok anafilaktik di diagnosis berdasarkan gejala - gejala yang dialami, kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan darah untuk memastikan diagnosanya. 

Syok anafilaktik ini disebabkan karena memakan atau terpapar oleh alergen, alergen yaitu suatu zat apapun yang dapat memicu penyebab terjadinya reaksi alergi di dalam tubuh. Beberapa alergen yang dapat menyebabkan syok anafilaktik antara lain : 

1. Makanan, seperti kacang tanah, kacang panjang, ikan, telur, susu, atau buah-buahan. 
2. Bisa yang terdapat pada sengatan serangga seperti bisa tawon, lebah, semut, dan lain-lain. 
3. Obat - obatan tertentu juga dapat menyebabkan syok anafilaktik, seperti antibiotik, obat bius, obat anti inflamasi non steroid. 
4. Penyakit atopi seperti asthma, niritis alergi atau eksem dapat menyebabkan risiko tinggi terkena syok anafilaktik. 

Jika seseorang mengalami syok anafilaktik kadar tryptase yang ada dalam darah akan meningkat dalam 3 jam. Nah untuk mencegah reaksi anafilaksis berulang kembali maka perlu dilakukan beberapa tes alergi pada penderita agar mengetahui penyebab reaksi syok anafilaktik. Tes yang biasanya dilakukan yaitu tes alergi pada kulit, dokter biasanya akan memberikan alergen dalam jumlah yang kecil untuk menentukan zat apa yang menjadi penyebab alergi. 

Cara pengobatan yang dilakukan jika seseorang mengalami syok anafilaktik yaitu yang pertama pindahkan sumber alergi, seperti jika tersengat lebah atau tawon. Kemudian baringkan di permukaan yang rata sampai kepala dan tungkai pasien menjadi satu garis lurus. Lalu pasien diberi suntikan epinephrine di bagian paha atau di lengan atas. Ulangi terus suntikan setiap 15 menit sekali sampai gejala membaik. 

Pastikan untuk tidak menangani syok anafilaktik ini sendiri, karena harus dengan bantuan medis agar tidak salah atau terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Beberapa tindakan yang akan dilakukan oleh dokter dan perawat untuk menangani syok anafilaktik yaitu : 

1. Memberikan suntikan epinephrine atau suntikan adrenalin. 
2. Memberikan cairan infus pada pasien. 
3. Memberikan oksigen tambahan. 
4. Melakukan CPR jika terjadi gagal jantung atau nafas berhenti. 
5. Memberikan antihistamin, kortikosteroid untuk mengurangi gejala yang terjadi. 

Anafilaksis sulit dicegah apabila penderita tidak mengetahui bahwa dia memiliki alergi terhadap suatu zat tertentu, karena syok anafilaktik dapat dicegah dengan menghindari alergen yang menyebabkan alergi. Bila kamu pernah mengalami syok anafilaktik maka sebaiknya segera melakukan tes alergi, dan selalu membawa obat-obatan kemanapun. 

Semoga informasi di atas bermanfaat ya!

Belum ada Komentar untuk "Bagaimana Cara Mengobati Anafilaksis?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel