Sering Bergadang Nonton Piala Dunia Bikin Gampang Sakit?


Piala Dunia 2018 sudah dibuka sejak 14 Juni lalu. Para peminat sepak bola tentu sudah siap siaga untuk menonton tim favorit mereka berlaga.

Namun, jam tayang Piala Dunia yang dilangsungkan di Rusia ini dibuka sejak pukul 21.00 malam dan dapat selesai sampai sekitar pukul 03.00 dini hari. Mau tak mau, Anda juga jadi bergadang masing-masing malamsampai sebulan lamanya. Padahal, kelaziman begadang dapat dominan  buruk untuk tubuh dan buat Anda mudah sakit.

Kebanyakan orang mengorbankan masa-masa istirahatnya ketika Piala Dunia berlangsung. Padahal, terpotongnya masa-masa istirahat di malam haridapat menimbulkan sekian banyak  keluhan, laksana badan lemas, letih, gangguan keadaan hati, penurunan performa dan konsentrasi saat bekerja, serta evolusi siklus istirahat yang dapat memberikan efek stres.

Bergadang buat Anda mudah sakit?

Bergadang jelas menciptakan tubuh Anda mudah sakit sebab kondisi itu memengaruhi sistem kekebalan tubuh Anda. Studi mengindikasikan bahwa orang yang tidak mempunyai tidur yang berkualitas atau istirahat yang lumayan lebih barangkali untuk sakit sesudah terpapar virus, laksana virus influenza contohnya.

Di samping itu, tidak cukup tidur pun dapat memengaruhi seberapa cepat Anda pulang sehat atau pulih andai Anda sakit. Pada ketika tidur,sebenarnya sistem kekebalan tubuh Anda mencungkil protein yang dinamakan sitokin. Beberapa di antaranya menolong Anda guna tidur.

Sitokin tertentu bisa meningkat saat Anda mempunyai infeksi atau peradangan, atau saat Anda sedang stres. Nah, bergadang bisa menurunkan buatan sitokin tersebut. Di samping itu, antibodi dan sel-sel yang bermanfaat untuk melawan infeksi pun menjadi lebih tidak aktif sekitar periode saat Anda tidak mempunyai waktu untuk istirahat yang cukup.

Tidur Cukup Bisa Lawan Infeksi

Pada dasarnya, keperluan untuk istirahat dengan lumayan berdasar pada faedah bahwa urusan tersebut dapat melawan risiko terserang infeksi. Di samping gangguan kesehatan, tidak cukup tidur dalam jangka panjang pun meningkatkan risiko obesitas, diabetes, serta penyakit jantung dan pembuluh darah (kardiovaskular).

“Bergadang sama sekali tidak menyebabkan kebaikan untuk tubuh Anda. Pertama, Anda bakal bangun dalam suasana yang tidak segar. Akibatnya, Anda bakal merasa letih dan tidak cukup berkonsentrasi sepanjang hari. Kedua, ketika tidur tubuh berjuang mengubah sel-sel yang rusak. Hal yang sangat sederhana bisa terlihat lewat kulit. Mereka yang tidak jarang bergadang seringkali bermasalah dengan jerawat. Ketiga, bergadangpun dapat menciptakan berat badan naik,” dr. Kartika Mayasari dari KlikDokter menjelaskan.

Jumlah optimal istirahat untuk banyak sekali orang dewasa ialah 7-8 jam. Remaja membutuhkan waktu yang lebih lama, yakni sekitar 9-10 jam. Sedangkan anak umur sekolah membutuhkan sekitar 10 jam atau lebih.

Belum ada Komentar untuk "Sering Bergadang Nonton Piala Dunia Bikin Gampang Sakit?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel